Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1 No 1: April 2021

Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V Sdn 13 Manggelewa Kabupaten Dompu

Ainun Cahyani (PGSD FKIP Universitas Mataram)
Nurul Kemala Dewi (PGSD FKIP Universitas Mataram)
Heri Setiawan (PGSD FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa tulis pada teks narasi siswa kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang sifatnya deskriptif yaitu data yang dianalisis tidak untuk menerima dan menolak hipotesis melainkan deskripsi dari gejala yang diamati. Objek dalam penelitian ini adalah teks narasi siswa kelas V SDN 13 Manggelewa sebanyak 10 buah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dimana pengambilan sampel menggunakan pertimbangan tertentu. Teknik dalam pengumpulan data yaitu teknik triangulasi antara teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan pemakaian huruf kapital menjadi kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yaitu sebanyak 88 kesalahan dengan persentase 46,56%. Kesalahan dalam pemakaian pemilihan kata/diksi menempati urutan kedua dengan jumlah kesalahan 58 dengan persentase 30,68%. Kesalahan penggunaan tanda baca khususnya tanda titik dan tanda koma masing-masing berjumlah 25 dan 18 kesalahan dengan persentase 13,23% dan 9,53%. Saran untuk guru yaitu memberikan pembelajaran yang baik dan kreatif khususnya dalam aspek penulisan. Selain itu untuk siswa diharapkan berlatih dengan bimbingan guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendagogia

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar berfokus pada isu-isu utama dalam Belajar dan Pembelajaran, Penilaian dan Evaluasi, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, konten pelajaran pengembangan di sekolah dasar (Bahasa Indonesia, Sains, IPS, Matematika, PPKn, Pendidikan Seni), Bimbingan dan Konseling, ...