Covid-19 menjadi realitas penyakit yang mengubah struktur sosial masyarakat. Perilaku sosial berubah, begitu pun kohesi sosial. Cara (usage), kebiasaan (folkways), tata kelakuan (mores), dan adat istiadat (custom) dalam kehidupan sosial turut beradaptasi. Masyarakat kesehatan membutuhkan informasi yang jelas dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.Para praktisi komunikasi kesehatan di Indonesia harus sungguh-sungguh memahami informasi dan layanan kesehatan secara bersama. Komunikasi kesehatan merupakan upaya sistematis yang secara positif memengaruhi praktik-praktik kesehatan populasi-populasi besar. Sasaran utama komunikasi kesehatan adalah melakukan perbaikan kesehatan yang berkaitan dengan praktik dan pada gilirannya, status kegiatan. Komunikasi Kesehatan yang dilakukan harus ditangani oleh komunikator kesehatan tepat dan cepat tanggap serta diisi oleh orang-orang yang cakap dan kompeten, karena ketika berbicara tentang kesehatan, ini berkaitan dengan kepentingan semua kalangan, termasuk kalangan medis didalamnya. Strategi komunikasi kesehatan dalam penanganan Covid-19 dibuat bertujuan untuk memberikan informasi dan mempengaruhi keputusan, sikap dan prilaku seseorang atau kelompok masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk dapat mengikuti berperilaku hidup sehat mengikuti protokol kesehatan.
Copyrights © 2021