Technologia: Jurnal Ilmiah
Vol 11, No 4 (2020): Technologia (Oktober)

APLIKASI MONITORING PENGADUAN DAN KELUHAN PELANGGAN PADA PT. PLN (Persero) AREA BANJARMASIN BERBASIS WEB

Budi Setiadi (Unknown)
Johan Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2020

Abstract

PT. PLN (Persero) adalah sebuah perusahaan BUMN milik pemerintah yang memiliki fungsi sebagai penyedia sistem ketenagalistrikan nasional yang disalurkan ke seluruh Indonesia. PT. PLN (Persero) merupakan perusahaan publik yang bergerak dibidang jasa sehingga memiliki tanggung jawab besar untuk mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Pada PT. PLN (Persero) Area Banjarmasin proses monitoring pengaduan dan keluhan pelanggan selama ini masih dilakukan secara manual yaitu datang langsung ke kantor PLN atau menggunakan Telpon 123 yang sering tidak tersampaikan dengan baik bahkan telepon tidak di jawab. Dimana hal tersebut menyebabkan waktu penanganan pengaduan dan keluhan pelanggan menjadi lebih lambat. Hal lainnya yang dapat terjadi dengan pencatatan manual ialah  respon balik terhadap suatu pengaduan atau keluhan dari para pelanggan yang cenderung lambat dikarenakan tidak adanya data yeng terperinci serta terintegrasi dengan komputer yang mengakibatkan sulitnya pencarian data, pengolahan data, serta pelaporan atas keluhan dan pengaduan pelanggan yang lambat karena dipengaruhi oleh banyaknya keluhan terhadap layanan. Oleh karena itu di butuhkan aplikasi yang dapat menangani semua permasalahan yang ada saat ini, yaitu dengan adanya Aplikasi monitoring pelayanan pengaduan dan keluhan pelanggan ini dapat membantu proses keluhan para pelanggan serta mempermudah dalam menangani pengaduan yang di perlukan.Dalam penelitian ini memberikan pandangan tentang keakuratan di dalam proses penyampaian pengaduan dan keluhan pelanggan dengan mempergunakan suatu sistem yang telah berbasis database. Dengan adanya sistem yang berbasis database ini, maka akan mempermudah proses pancarian dan mengupdate suatu data untuk sebuah informasi yang lebih akurat dan lebih tepat waktu sesuai dengan yang diharapkan dan diiginkan oleh pemakai atau user. Kata Kunci : PT. PLN (Persero), Monitoring, Pengaduan dan Keluhan  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIT

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun ...