Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil

APLIKASI METODE PIECES DALAM MENGANALISIS KUALITAS LAYANAN PENGGUNA TRANSPORTASI ONLINE MAXIM

Kiky Rizky Amaliah (Universitas Halu Oleo)
Siti Nurjanah Ahmad (Universitas Halu Oleo)
Fathur Rahman Rustan (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

ABSTRAKPermasalahan yang timbul dari para Pengguna mengenai kualitas layanan  transportasi online berbasis aplikasi Maxim dan mendapatkan beberapa komplain terkait dengan kinerja maupun harapan oleh pengguna Maxim, mulai dari komunikasi yang kurang tanggap dari pihak Maxim, maupun pelayanan yang kurang memuaskan dari pihak Maxim kepada pengguna. Untuk itu maka penelitian di lakukan dengan tujuan untuk menganalisis kualitas layanan dan mengetahui apakah ada perbedaan kepuasan pengguna Transportasi online Maxim menggunakan metode PIECES framework dan uji chi square dalam menganalisis data. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner  kepada  pengguna dengan teknik random sampling dengan jumlah sampel 97 responden dan tambahan data pelengkap berupa tingkat pendidikan, jenis kelamin ,dan umur pengguna.Hasil penelitian dengan menggunakan metode PIECES dan seluruh variabelnya yang terdiri dari Performance, Information, Economics, Control and Security, Efficiency dan Service semua berada pada kategori Puas, artinya Aplikasi Maxim berperan baik dalam meningkatkan kualitas pelayanan sehingga memberikan rasa puas dan respon positif ke pelanggan. Dan berdasarkan hasil analisa chi square diperoleh tidak adanya perbedaan kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan transportasi online Maxim berdasarkan jenis kelamin dan ada perbedaan kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan transportasi online Maxim pada variabel economycs 1, dan control 5, efficiency 1, service 1 dan service 2 berdasarkan Usia. Kata Kunci : Metode Pieces, Kualitas layanan, Kepuasan penggunaABSTRACTProblems that arise from users regarding the quality of online transportation services based on the Maxim application and getting several complaints related to the performance and expectations of Maxim users, ranging from less responsive communication from Maxim, to unsatisfactory service from Maxim to users. For this reason, research was carried out with the aim of analyzing service quality and knowing whether there were differences in user satisfaction. Maxim online transportation used the PIECES framework method and the chi square test in analyzing data. This research method is carried out by distributing questionnaires to users with a random sampling technique with a sample size of 97 respondents and additional supplementary data in the form of education level, gender, and age of the user.The results of research using the PIECES method and all of its variables consisting of Performance, Information, Economics, Control and Security, Efficiency and Service are all in the Satisfied category, meaning that Maxim application plays a good role in improving service quality so as to provide a sense of satisfaction and positive response to customers. And based on the results of the chi square analysis, it is found that there is no difference in user satisfaction with the quality of Maxim online transportation services based on gender and there are differences in user satisfaction with the quality of Maxim online transportation services on the variables economycs 1, and control 5, efficiency 1, service 1 and service 2 based on Age. Keywords  : Pieces method, Service quality, User satisfaction

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

stabilita_jtsuho

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian ...