Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis
Vol. 12 No. 1 (2021): Vol. 12 No. 1 (2021): Vol. 12 No. 1 (2021)

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Technique For Order Of Preference By Similarity To Ideal Solution (Topsis)

Efendi, Dwi Marisa (Unknown)
Afandi, Asep (Unknown)
Rustam, Rustam (Unknown)
Rahmatullah, Sidik (Unknown)
Mintoro, Sigit (Unknown)
Supriyanto, Supriyanto (Unknown)
Faselia, Reni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Karyawan merupakan suatu faktor yang sangat penting dalam keberlangsungan suatu organisasi. Karyawan yang berkualitas akan memudahkan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu, untuk memacu dan meningkatkan kinerja Karyawan agar lebih rajin dan semangat untuk bekerja lebih baik lagi, maka sebuah organisasi atau perusahan dapat memberikan penghargaan kepada para karyawan yang dianggap memiliki kinerja terbaik oleh perusahaan tersebut.Metode Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS)dengan menggunakan aplikasi Borland Delphi 7, dan dengan menggunakan metode pengembangan sistem yaitu waterfall. Sehingga akan menghasilkan sebuah pengambilan keputusan calon karyawan terbaik secara terkomputerisasi dengan cara yang lebih efektif dan tidak menurut sudut pandang saja, atau kepada karyawan yang memiliki kedekatan hubungan tertentu dengan kepala kantor pos kuningan.Sistem perhitungan menggunakan metode topsis dalam menggunakan borland delphi 7 dengan sampel 10 data karyawan. Dan dengan menggunakan 6 kriteria yaitu pendidikan, absensi, masakerja, kedisiplinan,kerjasama dan pelayanan. Maka dari perhitungan tersebut didapat hasil ranking satu tertingi yaitu Tita Kurniati dengan hasil nilai 0,6916 dan mendapat hasil nilai error 0,034.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jikb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah bisnis, sistem informasi, dan komputer akuntansi baik di lembaga eksekutif, ...