Cakrawala Indonesia
Vol 5 No 1 (2020): Mei-Oktober

KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMPN 5 REDAK KABUPATEN ENREKANG

Swardiansyah Swardiansyah (Unknown)
Rosmini Kasman (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Suhartini Khalik (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VII SMPN 5 Redak Kabupaten Enrekang. Penelitin ini bertujuan untuk kemampuan siswa dalam menulis karang eksposisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Redak Kabupaten Enrekang, yakni 40 siswa yang tersebar pada dua kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB. Sampel ditarik sebanyak 20 orang dengan cara acak kelas dan yang terpilih adalah kelasVII A. Data diperoleh dari instrumen tes hasil karangan eksposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkategori tuntas sebayak 16 orang (80%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang (20%). Hasil tersebut menunjukan bahwa siswa telah mampu menulis karangan eksposisi. Dikatakan demikian karena secara klasikal telah mencapai 80% dengan KKM sebesar 75%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 5 Redak Kabupaten Enrekang mampu menulis karangan eksposisi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other ...