Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 4, No 2 (2018)

MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBING PROMPTING

Enok Pipin (Universitas Majalengka)
Dede Salim Nahdi (Universitas Majalengka)
Yoyo Zakaria Ansori (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Cooperative Learning tipe Probing Prompting dengan berbantuan media gambar pada mata pelajaran matematika materi pecahan senilai, di kelas IV SDN Sukamenak 1. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk prosedur berdaur (siklus). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukamenak 1 Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka sebanyak 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil tes dan persantase ketuntasan siswa dalam tes pemahaman konsep matematika meningkat dari pra-siklus hingga siklus kedua. Dengan demikian di simpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Probing Prompting dengan berbantuan media gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education. ...