Latar belakang:. Dari hasil keluhan di kotak saran Puskesmas Periuk Jaya tahun 2019 mengungkapkan bahwa masih ada keluhan terhada sikap petugas yang tidak memuaskan. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah menganalisa hubungan kualitas pelayanan puskesmas dengan kepuasan pasien di puskesmas Periuk Jaya. Metode Penelitian. Desain penelitian ini adalah analisis korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi pasien yang berkunjung ke puskesmas Periuk Jaya sebanyak 422 orang. Sampel diambil dengan teknik consecutive sampling dengan sampel 205 responden. Variabel independen kulitas pelayanan puskesmas dan variabel dependen kepuasan pasien . Cara pengumpulan data dengan kuesioner. Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring dan tabulating dan uji statistik menggunakan Chi-Square. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan pasien yang berkunjung ke Puskesmas Periuk Jaya dengan kualitas pelayanan yang diberikan petugas kesehatan adalah kurang sebanyak 6,8%, cukup sebanyak 22,9%, baik sebanyak 41,9%, sangat baik 28,4% dan kepuasaan terhadap pelayanan petugas kesehatan adalah tidak puas sebanyak 14,1% dan puas sebanyak 85,9%. Hasil analisa bivariate dengan uji Chi-Square diperoleh p value sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini ada hubungan antara kualitas pelayanan Puskesmas dengan kepuasan pasien.
Copyrights © 2020