Lingkaran merupakan salah satu materi yang dapat kita temukan dalam mata pelajaran matematika di berbagai tingkat pendidikan baik sekolah dasar, sekolah menengah bahkan perguruan tinggi. Banyak hal menarik yang dapat kita bahas pada materi lingkaran, salah satunya mengenai penggunaan nilai π pada keliling dan luas lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa teknik sipil terkait nilai π yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada keliling serta luas lingkaran. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana peneliti menjelaskan hasil yang diperoleh dari angket terbuka dan wawancara yang dilakukan kepada 27 responden yang merupakan mahasiswa teknik sipil tingkat 2. Hasil penelitian ini menunjukkan banyak mahasiswa yang masih mengalami kesulitan dalam menentukan pendekatan nilai π yang tepat, bukan hanya itu bahkan sebelum mensubstitusikan nilai π ke dalam langkah yang tepat, banyak mahasiswa yang masih mengalami kesulitan dalam memilih cara penyelesaian yang tepat sehingga jika dosen ingin membahas penerapan konsep nilai π dalam bidang teknik sipil maka terlebih dahulu harus menjelaskan dari mana nilai itu didapatkan dan menjelaskan kembali materi yang berhubungan dengan nilai π tersebut seperti materi lingkaran.
Copyrights © 2021