Jurnal Akuntansi & Perpajakan Jayakarta
Vol 3 No 1 (2021): Vol. 03 No. 01 Juli 2021

AKAD MUDHARABAH DAN STRATEGI MANAJEMEN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Warung Bakso Pak Roso Salemba Jakarta)

Akhmad Syafiudin (STEBank Islam Mr. Sjafruddin Prawiranegara)
Sumartini Abdul Latif (STEBank Islam Mr. Sjafruddin Prawiranagera)
Saprudin Saprudin (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2021

Abstract

Kesuksesan dunia usaha tergantung pengelolaan manajemen yang baik, mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasi, monitoring, evaluasi dan hasil yang hendak dicapai. Penelitian ini mengangkat masalah tentang Akad Mudarabah dan Manajemen Strategi UMKM dengan mengunakan metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian, manajemen strategi yang dijalankan oleh warung bakso Pak Roso dinilai sangat efektif dalam menghadapi situasi pandemi walaupun tidak seperti hari biasa namun bakso pak Roso masih meraup keuntungan setiap bulan.Salah satu faktor yang medukungnya adalah ketepatan dalam memilih sumber pembiayaan usaha ketika sumber dana dari internal pengusaha tidak mencukupi. Strategi yang digunakan untuk meningkat keuntungan ditengah situasi covid-19 dengan memperbanyak promosi dan pemasaran melalui media sosial dqan aplikasi pesanan online yang dilakukan oleh konsumen.Strategi ini dapat menarik konsumen penikmat bakso untuk membeli bakso Pak Roso. Dengan demikian para pelaku usaha harus pandai mengelola usaha dan keuangannya ditengah ketidakpastian usaha sebagai akibat dari menurunya daya beli masyarakat.Dan pembiayaan syariah ini bisa menjadi salah satu solusinya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAPJayakarta

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi & Perpajakan Jayakarta (JAP Jayakarta) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta yang diterbitkan setiap 2 kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal Akuntansi & Perpajakan Jayakarta (JAP Jayakarta) berfokus pada ...