Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2020): November

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN

Erna Sari Agusta (MTsN 28 Jakarta)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2020

Abstract

Salah saru penyebab rendahnya aktivitas belajar siswa adalah kesulitan dalam memahami materi. Fakta ini diperkuat oleh hasil data siswa kelas IX yang menunjukkan bahwa kurang dari 50% siswa yang mengumpulkan tugas pada setiap kelasnya dan hanya 40% siswa diantaranya yang dapat menguraikan jawaban dengan benar. Kesalahan mereka umumnya terletak pada kesalahan pemahaman konsep saat menggunakan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar. Begitu pun dengan hasil penilaian harian I yang belum mencapai ketuntasan secara klasikal.  Penelitian tindakan ini dilakukan sebanyak dua siklus yang masing-masingnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX-1 MTsN 28 Jakarta. Data yang diperoleh berupa hasil observasi aktivitas belajar siswa, hasil angket efektifitas penggunaan video pembelajaran, hasil tes kemampuan pemahaman konsep, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Begitu juga dengan prosentase kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat dari siklus I (45,16%) sampai siklus II (80,65%). Bahkan respon siswa terhadap efektifitas penggunaan video pembelajaran pun meningkat dari siklus I sampai siklus II.hingga 90%. Penelitian ini menyimpulkan penggunaan video pembelajaran efektif terhadap peningkatan aktivitas dan kemampuan pemahaman konsep bilangan berpangkat dan bentuk akar pada siswa kelas IX-1 MTsN 28 Jakarta.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lenterasriwijaya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Sarjana Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya. Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian ...