Jurnal Keperawatan
Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Keperawatan

PENGARUH COOPERATIVE PLAY TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK KELAS V

Aristina Halawa (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan William Booth)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2017

Abstract

Kemampuan siswa dalam berinteraksi sosial dapat dikategorikan mejadi dua kelompok, yaitu siswa mampu berinteraksi dengan baik atau pandai bergaul dan siswa yang kesulitan bergaul atau yang tidak bisa berinteraksi dengan baik. Anak yang kesulitan dalam bergaul atau tidak bisa berinteraksi dengan baik memerlukan adanya kegiatan (sarana) agar dapat berinterkasi dengan orang lain yaitu salah satunya dengan bermain. Interaksi sosial dapat ditingkatkan melalui cooperative play karena kegiatan ini dilakukan secara bersama sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cooperative paly terhadap interaksi sosial pada anak usia sekolah kelas V di SDN Sawunggaling 1 Surabaya. Desain penelitian yang digunakan metode penelitian one-group pra-post the desaign. Populasi penelitian adalah 25 responden anak usia sekolah, menggunakan total sampling 25 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner interaksi sosial. Sebagian besar responden memiliki interaksi sosial cukup sebelum dilakukan cooperative play sebanyak 15 orang (60%) dan setelahdilakukan cooperative play terdapat sebagian besar responden mengalami peningkatan interaksi sosial baik sebanyak 17 orang (68%). Analisa data menggunakan uji Wilcoxon didapatkan p=0.035 dimana p<0,05 yang artinya ada pengaruh cooperative play terhadap interaksi sosial anak usia sekolah kelas V di SDN Sawunggaling 1 Surabaya. Cooperative play dapat direkomendasikan sebagai salah satu terapi bermain pada anak dalam meningkatkan interaksi sosial.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Kep

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal keperawatan menerbitkan artikel ilmiah terkait masalah keperawatan dan kesehatan. Jurnal ini ada sejak tahun 2012 dan terbit dua kali dalam satu tahun di bulan Mei dan November. ...