Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 9, No 1 (2021): Juni

PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI METODE E-LEARNING

Rendra Gumilar (Universitas Siliwangi)
Yoni Hermawan (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar melalui metode pembelajaran e-learning. Metode dalam penelitian ini adalah survey mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner dan menganalisis data secara stastistik untuk menguji pertanyaan atau hipotesis yang diajukan. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasisiwa pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi yang mengontrak mata kuliah Evaluasi Pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Hasil dari pengolahan angket yang didapatkan bahwa kemandirian belajar pada metode ¬e-learning sudah masuk dalam kategori baik dimana indikator kemandirian belajar 70% rata – rata menunjukan bahwa mahasiswa sudah memimiliki kemandirian dalam belajar dengan metode e-learning. This study aims to determine the increase in independent learning through e-learning methods. The method in this research is a survey to collect data using a questionnaire and analyze the data statistically to test the questions or hypotheses raised. The population in this study were students of economic education at the faculty of teacher training and education at Siliwangi University who contracted Evaluation Learning courses. The data collection used a questionnaire. The results of the questionnaire processing showed that learning independence in the e-learning method was included, in the good category where the indicator of learning independence, 70% on average, presented that students already had freedom in learning with the e-learning method.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...