Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu
Vol 2, No 1 (2020): Tetap Produktif dan Eksis Selama dan Pasca Pandemi COVID-19

PENGARUH PEMBERIAN NUGGET IKAN KEMBUNG (RASTRELLIGER) TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN (HB) DALAM KEHAMILAN PADA TIKUS PUTIH BETINA (RATTUS NORVEGICUS)

Setyo Mahanani Nugroho, Maratusholikhah Nurtyas, (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2021

Abstract

Dalam proses kehamilan, kebutuhan nutrisi bertambah dua kali lipat sehingga asupan gizi juga bertambah. Hal ini berpengaruh terhadap perkembangan kehamilan dan janin. Zat gizi yang dibutuhkan disalurkan ibu ke janin melalui plasenta. Ikan kembung (Rastrelliger) merupakan salah satu jenis ikan yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh nugget ikan kembung (Rastrelliger) terhadap peningkatan kadar hemoglobin (Hb) dalam kehamilan pada tikus putih betina (Rattus Norvegicus). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental laboratorik dengan rancangan acak lengkap menggunakan pola posttest only control group design. Teknik analisis data menggunakan Anova test. Hasil uji One-Way ANOVA menunjukkan nilai p-value 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna kadar hemoglobin antar kelompok perlakuan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PSN

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Engineering Health Professions Other

Description

Prosiding ini di terbitkan untuk publikasi artikel hasil penelitian, pengabdian masyarakat yang mencakup bidang kesehatan, sain s dan teknologi, ekonomi, sosial humaniora. ...