Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu
Vol 2, No 1 (2020): Tetap Produktif dan Eksis Selama dan Pasca Pandemi COVID-19

PENGGUNAAN NEW MEDIA INSTAGRAM OLEH BATIK GIRLI LUMAJANG DALAM MEMASARKAN PRODUK KAIN BATIK TULIS TAHUN 2020

Desi Nur Fatimah, Bambang Srigati, Yanus Purwansyah Sriyanto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana Batik Girli Lumajang memanfaatkan media sosial Instagram dalam pemasaran produk. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipan dan wawancara mendalam dengan key informan, yaitu pemilik usaha Batik Girli Lumajang. Hasil dan temuan menyatakan bahwa Batik Girli Lumajang jeli melihat potensi penjualan online di Instagram yang sangat bagus. Maka sejak tahun 2015 Batik Girli Lumajang menggunakan media tersebut untuk mengenalkan dan menjual produk. Instagram dipilih karena pemilik ingin mengenalkan dan memasarkan batik tulisnya ke jangkauan pasar dan calon konsumen yang lebih luas. Selain itu potensi untuk menggaet konsumen anak muda menjadi sangat besar. Akun @girlibatik saat ini telah melakukan 79 postingan serta memiliki 221 followers dan 81 following. Sebanyak 79 postingan terbagi menjadi 3, yaitu foto produk kain batik dalam desain katalog, foto kain batik pada mannequin, dan foto beberapa tokoh masyarakat seperti Bupati dan Wakil Bupati Lumajang yang mengenakan kemeja kain batik produk Batik Girli Lumajang. Selama 5 tahun (2015-2020) penjualan secara online melalui Instagram memang belum terlalu signifikan, namun dengan adanya digital marketing yang sudah dijalankan, pemilik merasa puas karena brand Batik Girli Lumajang dapat dikenal tanpa batas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PSN

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Engineering Health Professions Other

Description

Prosiding ini di terbitkan untuk publikasi artikel hasil penelitian, pengabdian masyarakat yang mencakup bidang kesehatan, sain s dan teknologi, ekonomi, sosial humaniora. ...