Suatu budaya keselamatan pasien merupakan suatu tanggung jawab bersama dilingkungan rumah sakit. Rumah Sakit Gigi dan Mulut ini merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan yang masuk dalam kategori baru. Belum adanya survey mengenai data keselamatan pasien pada Rumah Sakit tersebut. Dalam hal itu perlu dilakukan upaya untuk meminimalisir terjadinya insiden keselamatan pasien sebagai bentuk upaya peningkatan mutu Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Persepsi Manajemen Keselamatan Pasien Rumah Sakit Gigi dan MulutUniversitas Muhammadiyah Semarang.Tipe penelitian deskriptif kuantitaif digunakan sebagai model pendekatan. Sampel penelitian melibatkan 65 responden. Uji keabsahan data didapatkan hasil bahwa memiliki nilai r hitung lebih besar dari r tabel (>0,5529). Adapun hasil reliabilitas kuesioner didapatkan nilai cronbach alpha sebesar 0,783. Analisis penelitian dilakukan dengan menghitung persepsi responden mengenai Manajemen Keselamatan Pasien Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Muhammadiyah Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen rumah sakit secara keseluruhan, keselamatan pasien di RSGM Unimus dikatakan sangat baik dengan mayoritas respon positif (87,41%). Indikator mengenai kekurang nyamannya jika harus berkolaborasi dengan unit lain merupakan persepsi yang paling rendah dibanding indikator manajemen rumah sakit terkait mengenai komitmen terhadap keselamatan pasien lainnya.
Copyrights © 2020