Jurnal Tecnoscienza
Vol. 5 No. 2 (2021): TECNOSCIENZA

Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Komputer Berbasis Web: (Studi Kasus : SMK Al Khoiriyah Baron Nganjuk)

Samdi Setiawan (Universitas Kahuripan Kediri)
Cahyo Purnomo Prasetyo (Universitas Kahuripan Kediri)
Muhamad Safa'udin (Universitas Kahuripan Kediri)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang bergerak sangat cepat di era revolusi industri 4.0 membuat manusia melakukan berbagai kegiatan dengan lebih cepat, akurat serta berkualitas. Laboratorium di sekolah yang berperan membentuk cara berpikir siswa harus dikelola dengan manajemen sistem yang baik untuk dapat memenuhi fungsinya. Keberadaan sistem cyber memungkinkan untuk mengembangkan sistem manajemen laboratorium yang lebih mudah dalam administrasi dan pengelolaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Komputer Berbasis Web pada SMK Al Khoiriyah Baron Nganjuk. Sistem informasi manajemen ini dibuat menggunakan metode Waterfall. Bahasa pemrograman yag digunakan adalah PHP, HTML, CSS dan database MySQL. Pengujian fungsional perangkat lunak dilakukan dengan black box testing. Hasil akhir dari penelitian adalah bahwa sistem informasi manajemen laboratorium dapat : (1) Mempermudah petugas dalam mengelola data alat laboratorium. (2) Mempermudah guru dalam melakukan penjadwalan praktikum siswa, menginput absensi dan melakukan penilaian. (3) Mempermudah siswa mengakses informasi mengenai alat laboratorium, jadwal praktikum, peminjaman alat laboratorium, dan hasil nilai praktikum. Kata kunci: Sistem Informasi, Laboratorium, Siswa, Berbasis Web

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

TECNOSCIENZA

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Engineering Mathematics Other

Description

TECNOSCIENZA is an academic journal on the issued related to engineering, earth science, and technology. Published actually in April and October. It is open to all scientist, researchers, education practitioners, and other scholar. Therefore this journal welcomes to various topics that have recieved ...