Jurnal Serunai Matematika
Vol 13, No 1 (2021): JURNAL SERUNAI MATEMATIKA (JSM) MARET 2021

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR

Kiki Permana Putry (STKIP Budidaya Binjai)
Mardiati Mardiati (STKIP Budidaya Binjai)
Efrini Panjaitan (STKIP Budidaya Binjai)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika secara daring di masa pandemi covid-19 terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa sekolah dasar efektif di tinjau dari ketuntasan belajar siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 106801 Bulu Cina. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V yang berjumlah 19 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian yang berupa tes, observasi dan angket. Hasil penelitian yang ditinjau dari ketuntasan hasil belajar pada tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68,68% dengan 9 siswa yang tuntas dan 10 siswa yang tidak tuntas serta ketuntasan klasikal sebesar 47, 36% dan berada pada kategori kurang efektif, sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata 92,63% dengan 19 siswa yang tuntas serta ketuntasan klasikal sebesar 100% dan berada pada kategori efektif. Ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh presentase sebesar 92% dan berada pada kategori efektif. Ditinjau dari respon siswa memperoleh presentase sebesar 85,28% dan berada pada kategori efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jf

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Serunai Matematika adalah jurnal yang berisi karya ilmiah yang berhubungan dengan pendidikan ...