Jurnal Serunai Matematika
Vol 12, No 2 (2020): JURNAL SERUNAI MATEMATIKA (JSM) Edisi : Oktober 2020

PENGARUH PENERAPAN MODEL CORE DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA

Mardiati Mardiati (STKIP Budidaya Binjai)
Ice Wirevenska (Unknown)
Sri Zulhayana (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2021

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah  untuk mengetahui pengaruh Model  CORE  (Connecting,   Organizing,  Reflecting,  Extending)  dalam  pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Selesai. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2019-2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan pengambilan sampel secara acak. Data kemampuan dasar matematika siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa  diperoleh dari hasil  instrumen yang diberikan berupa tes yang terdiri dari 5 soal uraian. Data dianalisis menggunakan uji analisis kovarian. Hasil penelitian menunjukkan  (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran model  CORE dengan pendekatan kontekstual dan konvensional; (2) setelah kemampuan dasar matematika dikendalikan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran model  CORE dengan pendekatan kontekstual  dan konvensional; (3) terdapat kontribusi  kemampuan dasar matematika  siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jf

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Serunai Matematika adalah jurnal yang berisi karya ilmiah yang berhubungan dengan pendidikan ...