Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications (JOAIIA)
Vol 2, No 1 (2021): February

Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Organ Dalam Tubuh Manusia Berbasis Android

Mauludin Yusup Suyudi (Universitas Pamulang)
Fitri Yanti (Universitas Pamulang)
Jaka Sutresna (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2021

Abstract

Pengetahuan biologi tentang organ dalam tubuh manusia merupakan pengetahuan yang penting dipelajari. Pengetahuan mengenai organ dalam tubuh manusia sudah di berikan saat jenjang pendidikan sekolah dasar, yang tentu saja pengetahuan ini sangat penting dimana mengingat dan mempelajari organ dalam tubuh manusia dapat memantu dalam memahami ragam proses metabolisme yang ada di dalam tubuh. Pengetahuan ini akan selalu diberikan hingga jenjang pendidikan menengah ke atas, meski seperti itu banyak sekali sekolah-sekolah yang tidak memadai untuk visualisasi mengenai gambaran-gambaran organ dalam tubuh manusia secara langsung, yang mampu menunjang pengetahuan dan juga sistematis kerja dari organ dalam tubuh manusia itu sendiri. Dari permasalahan diatas, muncullah sebuah ide dan gagasan untuk membuat suatu aplikasi berbasis Augmented Reality, yang mampu memberikan gambaran visualisasi secara 3 dimensi dan memberikan informasi langsung di setiap fungsi organ dalam tubuh manusia itu sendiri. Metodologi yang digunakan adalah metodologi waterfall, bahasa yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak ini menggunakan bahasa C#. Setiap objek 3D organ dalam tubuh manusia yang dimunculkan menggunakan perangkat lunak Blender. Aplikasi ini digunakan untuk menunjang pembelajaran mengenai organ dalam tubuh manusia, siswa-siswi (user) melakukan pencarian ke arah organ dalam tubuh yang tersedia dan sistem yang akan mengolah interaksi dari siswa-siswi (user) dan memberikan umpan balik berupa informasi dan juga tampilan objek 3D dari organ dalam yang dipilih.

Copyrights © 2021