Joined Journal (Journal of Informatics Education)
Vol 4 No 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 (2021)

Penerapan Blended Learning Menggunakan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Dalam Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa SMK YATPI Godong

Moh Abdul Wahid (Unknown)
R Irlanto Sudomo (Unknown)
Afis Pratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan blended learning menggunakan google classroom pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Yatpi Godong. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Yatpi Godong. Sumber data penelitian terdiri atas data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk menentukan kesimpulan akhir dari penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan blended learning menggunakan google classroom pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMK Yatpi Godong sudah berlangsung cukup baik; (2) kendala yang dialami oleh guru dan siswa ketika melaksanakan pembelajaran jarak jauh menggunakan google classroom, dapat teratasi dengan mengkombinasikan pembelajaran tatap muka; (3) penerapan blended learning menggunakan google classroom pada mata pelajaran simulai dan komunikasi digital di SMK Yatpi Godong secara keseluruhan bisa dibilang lebih dari cukup dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: blended learning, google classroom, simulasi dan komunikasi digital, hasil belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jiptika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Engineering Other

Description

The scope of this journal specializes in topics related to Informatics Education, learning using information technology, and innovation in other informatics ...