Joined Journal (Journal of Informatics Education)
Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 (2020)

Pengembangan Media Pembelajaran pada Materi Jaringan dan Dasar Komputer

Muhamad Sholahudin al Ayubi (SMK Al Alif)
R. Irlanto Sudomo (Universitas Ivet)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2020

Abstract

ABSTRAK Muhamad Sholahudin Al Ayubi, Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas IVET Semarang. Judul : pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran jaringan dan dasar komputer. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) merancang media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar pada materi perakitan dan perawatan komputer SMK AL ALIF Blora, (2) mengimplementasikan media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar pada materi perakitan dan perawatan komputer SMK AL ALIF Blora, (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar materi perakitan dan perawatan komputer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Davelopment) dengan mengadaptasi model pengembangan Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahapan prosedur pengembangan penelitian, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah 14 siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar materi perakitan dan perawatan komputer jurusan teknik komputer jaringan SMK AL ALIF Blora. Objek penelitian adalah media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket modifikasi skala likert dengan lima pilihan jawaban yang digunakan untuk memperoleh data tingkat kelayakan media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar dapat menjadi variasi media untuk pembelajaran, (2) media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar terdiri dari materi perakitan dan perawatan komputer, video animasi perakitan komputer, video perakitan dan perawatan komputer, dan kuis pilihan ganda terdiri dari kuis perakitan komputer dan perawatan komputer dapat digunakan untuk belajar secara mandiri maupun bersama guru, (3) tingkat kelayakan media pembelajaran ditinjau dari: (a) aspek media dinyatakan “Sangat Layak” oleh ahli media 1 dengan persentase 84,34%, dan ahli media 2 dengan persentase 95,65%; (b) aspek materi dinyatakan “Sangat Layak” oleh ahli materi 1 dengan persentase 87,27%, dan dinyatakan “Layak” materi 2 dengan persentase 83,63%; (c) penilaian pengguna atau siswa memperoleh persentase sebesar 87,37% dengan kategori “Sangat Layak”. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, komputer dan jaringan dasar ABSTRACT Muhamad Sholahudin Al Ayubi, Informatics Education Study Program, Faculty of Science and Technology, IVET University Semarang. Title: development of instructional media on network and basic computer subjects. This study aims to: (1) design learning media on basic computer and network subjects on assembly and computer maintenance materials at SMK ALIF Blora, (2) implementing learning media on basic computer and network subjects on assembly and computer maintenance materials at SMK AL ALIF Blora, (3) to determine the feasibility level of learning media on computer and basic network subjects for assembly and computer maintenance. This study uses a research and development method (Research and Development) by adapting the Hannafin and Peck development model which consists of three stages of research development procedures, namely (1) needs analysis, (2) design, (3) development and implementation. The subjects of this study were 14 students in computer and basic network subjects in assembly and computer maintenance, majoring in computer network engineering at SMK ALIF Blora. The research object is learning media on basic computer and network subjects. The research instrument used was a Likert scale modification questionnaire with five answer choices used to obtain data on the feasibility of learning media. The data analysis technique used is descriptive analysis. The results showed that: (1) learning media in computer and basic network subjects can be a variety of media for learning, (2) learning media on basic computer and network subjects consisting of computer assembly and maintenance materials, computer animation video, video computer assembly and maintenance, and multiple choice quizzes consisting of computer assembly quizzes and computer maintenance can be used to learn independently or with teachers, (3) the feasibility level of learning media in terms of: (a) the media aspect is declared "Very Appropriate" by media experts 1 with a percentage of 84.34%, and media expert 2 with a percentage of 95.65%; (b) the material aspect is declared "Very Appropriate" by material expert 1 with a percentage of 87.27%, and is declared "Eligible" material 2 with a percentage of 83.63%; (c) user or student assessments get a percentage of 87.37% in the "Very Appropriate" category. Keywords: development, learning media, basic computers and networks

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jiptika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Engineering Other

Description

The scope of this journal specializes in topics related to Informatics Education, learning using information technology, and innovation in other informatics ...