Joined Journal (Journal of Informatics Education)
Vol 4 No 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 (2021)

Kajian Filosofis Pembelajaran Daring Pendidikan Vokasi di Era Pandemi COVID-19: Analisis Fungsional Sarana Pembelajaran Daring Terhadap Esensi Pembelajaran

Dhega Febiharsa (Universitas Negeri Semarang)
Djoko Kustono (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah sistem pembelajaran secara signifikan, dari tatap muka menjadi belajar di rumah. Suatu keadaan dimana memaksa guru dan murid harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh dan terbatas. Berbagai sarana pembelajaran daring dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya dimanfaatkan untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Fenomena ini menarik peneliti untuk melakukan kajian terhadap kaidah pembelajaran dari, fasilitas pembelajaran daring dan menghubungkannya dengan makna pembelajaran secara filosofis. Studi literatur digunakan untuk mendapatkan teori-teori yang mendukung kajian yang dilakukan. Selanjutnya peneliti mengidentifikasi layanan atau fasilitas pembelajaran daring dari sisi filosofis atas aktivitas atau interaksi guru dan siswa dengan sarana pembelajaran daring tersebut. Dari kajian dan identifikasi yang dilakukan didapatkan bahwa sebagian besar sarana pembelajran daring tersebut secara filosofis telah mewakili konsep atau esensi dari pembelajaran secara kualitatif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jiptika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Engineering Other

Description

The scope of this journal specializes in topics related to Informatics Education, learning using information technology, and innovation in other informatics ...