Chemistry Education Practice
Vol. 3 No. 2 (2020): November

Model Mental Mahasiswa Pada Fenomena Penghilangan Karat Melalui Elektrolisis

Sunniarti Ariani (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Effendy Effendy (Program Studi Magister Pendidikan Kimia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Suharti Suharti (Program Studi Magister Pendidikan Kimia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali model mental mahasiswa dalam memahami fenomena penghilangan karat melalui elektrolisis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian cross-section. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester III dan V Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram yang dipilih dengan purposive sampling. Model mental mahasiswa digali menggunakan tes tertulis dan wawancara semistruktur. Model mental mahasiswa dianalisis menggunakan teknik constan comparative. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengembangkan model mental inisial dalam memahami fenomena penghilangan karat melalui elektrolisis. Selain itu, ditemukan bahwa seiring dengan bertambahnya usia individu, model mental yang dikembangkannya mendekati model mental saintifik.Kata Kunci: model mental, karat, elektrolisis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...