Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh siswa kelas X SMA Swasta Swadaya Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak. Sampel yang digunakan sebanyak 25 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah one group pre test-post test design. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik komputerisasi SPSS untuk dapat melakukan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks anekdot siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran inkuiri hanya sebesar 59,76 dan setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri menjadi 71,12. Nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,25 lenih besar dari 2,05 yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh siswa kelas X SMA Swasta Swadaya Bulu Cina kecamatan hamparan perak
Copyrights © 2021