Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
Vol 17, No 2 (2020): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA 2020 ( EDISI OKTOBER)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA SWADAYA BULU CINA KECAMATAN HAMPARAN PERAK

Nurli Syahputri (STKIP Budidaya Binjai)
Prina Yelli (Unknown)
Dewi Rulia Sitepu (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh  siswa kelas X SMA Swasta Swadaya Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak. Sampel yang digunakan sebanyak 25 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah one group pre test-post test design. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik komputerisasi SPSS untuk dapat melakukan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks anekdot siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran inkuiri hanya sebesar 59,76 dan setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri menjadi 71,12. Nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,25 lenih besar dari 2,05 yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran  inkuiri  terhadap kemampuan menulis teks anekdot  oleh  siswa kelas X SMA Swasta  Swadaya  Bulu  Cina kecamatan hamparan perak

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

je

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah Serunai Bahasa Indonesia merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun yaitu Februari dan Agustus . Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari ...