Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 7 No. 2 (2021): April-June

Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science

Anggun Winata (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)
Ifa Seftia Rakhma Widiyanti (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)
Sri Cacik (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2021

Abstract

Ujian Nasional (UN) akan digantikan oleh Asesmen Nasional (AN) yang terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter dan survei lingkungan belajar. AKM meliputi asesmen literasi membaca dan asesmen numerasi. Kemampuan numerasi berhubungan dengan kemampuan menyelesaian masalah-masalah science. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa SMA kelas XI dalam menyelesaikan permasalahan science. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dan dilakukan di MA Darul Ma’wa Plandirejo kecamatan Plumpang kabupaten Tuban. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes meliputi 3 indikator kemampuan numerasi. Permasalahan science yang digunakan merupakan permasalahan Biologi, Kimia dan Fisika. Teknik pengambilan data dilakukan dengan survei dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa kelas XI MA Darul Ma’wa Plandirejo kecamatan Plumpang kabupaten Tuban masih rendah. Hal tersebut diketahui dari 61,90% siswa mendapatkan nilai di bawah 50. Persentase jawaban salah untuk 3 indikator adalah 64,76%; 48,57% dan 44,67%. Indikator yang mendapatkan jawaban benar paling sedikit yaitu mampu menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang terkait dengan matematika dasar dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Semua subjek penelitian memberikan jawaban salah untuk kecepatan gerak benda dan cermin cekung di indikator tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui pembelajaran yang sesuai sehingga kemampuan numerasi siswa mengalami peningkatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...