PEDAGOGIKA
Vol 12 No 1 (2021): APRIL

Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19

arie anangsetyo (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Muhammad Syahrul Kahar (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Rahmatullah Bin Arsyad (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Muhammad Fathurrahman (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Hilman DJafar (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Wenny Hulukati (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Kadir Husain (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan. Adanya wabah virus corona ini menghambat kegiatan belajar mengajar yang biasanya berlangsung secara tatap muka dan mengharuskan proses pembelajaran harus dari rumah atau School from Home (SFH). Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui motivasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Adapun metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Kuantitatif, dimana jumlah sampel 41 orang mahasiswa yang ada di Universitas Muhammadiyah Sorong. selain itu, Teknik pengumpulan data menggunakan aplikasi google form dan dianalisis menggunakan Microsoft excel, adapun jenis surveinya menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa implementasi pembelajaran daring dapat memberikan dampak dalam peningkatan pemahaman mahasiswa selama pelaksanaan pembelajaran meliputi beberapa aspek yakni perhatian, pemahaman, kemampuan dan motivasi berada pada kategori cukup dan baik dalam menerima materi yang disampaikan. Oleh karena itu, pembelajaran daring dapat memberikan nuansa pembelajaran tersendiri yang dapat berdampak pada peningkatan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa selama pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...