RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 7, No 1 (2021)

PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK ATAS KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMKN 12 BEKASI

Neni Nur Aini (Universitas Indraprasta PGRI)
Rosalina Dewi Heryani (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi peserta didik atas kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar di SMKN 12 Bekasi. Menggunakan metode kuantitatif, jumlah responden sebanyak 63 peserta didik dengan teknik random sampling. Pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,401 menunjukkan ada hubungan yang sedang antara persepsi peserta didik atas kompetensi sosial guru dengan hasil belajar. Koefisien determinasi sebesar 16,08% yang artinya persepsi peserta didik atas kompetensi sosial guru menyumbangkan kontribusi sebesar 16,08% sedangkan sisanya 83,92% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 3,418 > 1,670 yang berarti terdapat pengaruh persepsi peserta didik atas kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar di SMKN 12 Bekasi. Temuan ini memberikan keyakinan bahwa persepsi peserta didik memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar. Peserta didik mampu mengoptimalkan seluruh kemampuannya dan mereduksi hal-hal negatif yang menimpanya, serta mengubahnya menjadi energi positif yang akan membangkitkan semangat belajar peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...