Al-Lughah: Jurnal Bahasa
Vol 3, No 1 (2014): JUNE

The Implementation of Snowball Drilling Technique In Teaching English Vocabulary

Sri Susilawati (IAIN Bengkulu)
Syamsul Rizal (IAIN Bengkulu)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari teknik snowball drilling terhadap kemampuan penguasaan kosakata. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas dua sekolah menengah pertama negeri 05 Bengkulu yang terdiri dari 195 siswa sedangkan samplenya sebanyak 49 siswa yang diambil dari dua kelas. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dimana siswa dibagi menjadi dua kelompok group eksperimen dan group control. Gropu eksperimental mendapat perlakuan dengan menggunakan teknik snowball drilling sedangkan kelompok control tetap diajarkan dengan cara biasa. Pre test diberikan kepada kedua group sebelum digunakannya teknik snowball drilling. Untuk menganalisis data digunakan rumus statistic t-test. Setelah diterapkannya teknik snowball drilling siswa diberikan post test.  Hasil dari group experimental  adalah 70.00 dan group control 57.71. pada hipotesis testing t yang diperoleh lebih besar dari t table (4.880>2.021). Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa teknik snowball drilling salah satu teknik yang effective untuk meningkatkan kosakata siswa pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 05 Bengkulu.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

alughah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

English and Arabic linguistics (Applied Linguistics), English and Arabic literature, other literatures with a special emphasis on local culture and its ...