Kepuasan pasien indikator penting dalam pelayanan kesehatan yang merupakan penilaian pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan membandingkan harapan dan kenyataan pelayanan kesehatan yang diterima. Pengukuran kepuasan pasien dilakukan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan KANO. Intergrasi kedua metode memungkinkan dalam pengukuran kepuasan pasien. Tujuan penelitian mengetahui penerapan metode integrasi IPA dan KANO.Jenis penelitian deskriptif di Puskesmas Cisaat Kabupaten Sukabumi Februari sampai Desember 2018. Populasi seluruh pasien yang berkunjung ke Puskesmas, sampel sebanyak 305 responden menggunakan aksidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 28 item pertanyaan. Reliabilitas diatas 0,6. Analisis data menggunakan IPA, KANO, integrasi IPA dan KANO.Hasil berdasarkan IPA atribut 13, 14, 17, 21 pada kuadran I, atribut 1, 2, 3, 4, 5, 6, 15, 16, 18, 23 pada kuadran II. Metode KANO, kategori must be adalah 1, 8 sedangkan attaractive adalah3, 6, 9, 11. Integrasi IPA-KANO, kategori survival 1, 18, Major Weapon 2, 4, 5, 15, 16, 23.Kesimpulan, metode IPA didasarkan kepentingan dan kinerja. Metode KANO pada pengkategorian atribut seberapa baik produk memuaskan pasien. Metode Integrasi IPA-KANO pada kepentingan dan kinerja serta pengkategorian atribut seberapa baik produk memuaskan pasien. Metode Integrasi IPA-KANO lebih akurat dan lebih baik. Diharapkan metode integrasi IPA-KANO sering untuk mengukur kepuasan pasien.
Copyrights © 2019