Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 3, No 1 (2021): BUDIMAS : VOL. 03 NO. 01, 2021

Rebranding untuk Meningkatkan Nilai Tambah Produk di Kelompok Usaha Mikro Olahan Susu pada Ikatan Pengusaha ‘Aisyiyah (IPAS)

Aniek Rumijati (Prodi Manajemen FEB UMM)
Nurul Asfiah (Prodi Manajemen FEB UMM)
Iqbal Ramadhani Fuadiputra (Manajemen - FEB UMM)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh mitra pertama, Ikatan Pengusaha ‘Aisyiyah (IPAS) adalah pengembangan pada jumlah produksi yang harus ditingkatkan. Selain itu, berdasarkan hasil observasi, juga diketahui bahwa produsen susu IPAS sudah memiliki beberapa jenis produk susu yang dapat dikembangkan. Selain itu permasalahan yang dihadapi oleh mitra juga terkait dengan produk olahan yang memiliki kemasan yang kurang menarik yang membuat tim pengabdi merasa itu menjadi salah satu permasalah yang dialami oleh mitra padahal produk mereka sudah banyak dikenal dipasar namun kapasitas produksi mereka juga masih kecil. Tujuan dari kegiatan pendampingan dan pelatihan bagi pengusaha susu yang berada di IPAS adalah untuk meningkatkan produktivitas dan mengembangkan rebranding produk sehingga memiliki nilai jual yang lebih di masyarakat. Metode implementasi yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah: (1) Pemberian pelatihan terkait dengan peningkatan produktivitas menggunakan teknologi baru, (2) Pelatihan dan pengembangan terkait dengan rebranding produk. Tim pengabdi juga memberikan beberapa pandangan terkait desain kemasan produk yang dianggap menarik dan bernilai jual dipasar. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para mitra, memberikan poin penjualan tambahan untuk produk IPAS, publikasi terkait dengan diferensiasi produk IPAS, meningkatkan volume produksi untuk pengusaha susu IPAS, dan memberikan pandangan terkait inovasi yang dapat mereka perbaiki untuk terus mengembangkan pasar mereka di masa yang akan datang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat BUDIMAS diterbitkan 2 (dua) kali setahun (April dan Oktober) oleh LPPM STIE AAS. Terbit pertama pada bulan Oktober 2019. BUDIMAS memuat hasil pengabdian kepada masyarakat dalam segala bidang. Editor mengundang para akademisi dan praktisi terkait (Perguruan Tinggi, ...