Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan karakteristik pengembangan media pembelajaran geografi berbasis media sosial Instagram, (2) menganalisis pengembangan media pembelajaran geografi berbasis media sosial Instagram, dan (3) mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran geografi berbasis media sosial Instagram. Lokasi penelitian di SMA N 5 Denpasar. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif untuk karakteristik dan proses pengembangan media pembelajaran media sosial Instagram, serta deskriptif kuantitatif untuk efektivitas pengembangan media pembelajaran media sosial Instagram. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media sosial Instagram sebagai media pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk mengerti materi ajar, karena penyampaian menampilkan foto dan video serta penjelasan materi pembelajaran, (2) proses pengembangan media sosial Instagram terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan menghasilkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, dan (3) media pembelajaran berbasis media sosial Instagram yang dikembangkan memenuhi syarat efektivitas.Kata Kunci: Geografi SMA; Hasil Belajar; Media Sosial Instagram; Motivasi
Copyrights © 2020