Ekonomi Bisnis
Ekonomi Bisnis, Volume 25, No.2, Oktober 2020

Bagaimana penggunaan intuisi dinilai oleh manajer pembelian? Sebuah studi berdasarkan perspektif karyawan dari industri manufaktur

Ariel Nian Gani (Universitas YARSI, Jakarta)
Muhammad Rofi'i (Universitas YARSI)
Ikhsan Maksum (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Meskipun penggunaan intuisi telah menjadi salah satu alat pengambilan keputusan yang disukai oleh CEO, manajer dan profesional, studi tentang bagaimana penggunaan intuisi dinilai di tempat kerja masih langka di literatur. Artikel ini bermaksud untuk mengatasi kesenjangan literatur ini dengan berbagi temuan tentang pentingnya penggunaan intuisi dan manifestasi praktisnya dalam profesi dari sudut pandang 85 manajer pembelian. Data menunjukkan bahwa intuisi sebagian besar dikenal sebagai: (1) kapasitas untuk membuat keputusan yang tepat melalui pengenalan pola; (2) kapasitas untuk membuat keputusan cepat; dan (3) kemampuan bernalar menggunakan pengalaman. Penemuan kami membuktikan bahwa penggunaan intuisi dihargai tidak hanya sejauh berkontribusinya pada kesuksesan sebuah pengambilan keputusan, tetapi juga untuk peningkatan kemampuan pribadi. Sayangnya, peserta dalam penelitian ini cenderung berbagi gagasan umum dan ambigu tentang pentingnya intuisi daripada menyajikan contoh kehidupan profesional berbasis praktik yang konkret yang menggambarkan pemahaman dan penerapannya dalam organisasi mereka.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ekobis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EKONOMI BISNIS (Economics, Management, and Business Journal) is a scientific dan peer-reviewed journal published twice a year (May and October) by Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang, Indonesia. Ekonomi Bisnis tries to serve as a communication media, ...