Jurnal Rekayasa Sipil
Vol 9, No 1 (2020)

Kinerja Jalur Pejalan Kaki di Jalan Merdeka Kota Malang

Amalia Nur Adibah (University of Muhammadiyah Malang)
Faris Rizal Andardi (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2020

Abstract

Kota Malang merupakan salah satu kota dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Hal ini memicu banyaknya mobilitas penduduk, terutama penduduk yang tidak menggunakan kendaraan bermotor, berjalan kaki. Pemerintah Kota Malang berkeinginan untuk mengintegrasikan kawasan tujuan wisata yang ada di Kota Malang dengan jalur pejalan kaki. Kawasan Alun-alun Merdeka Kota Malang merupakan salah satu pusat kota yang memiliki banyak daya tarik dari guna lahan di sekitarnya. Banyaknya orang yang menggunakan jalur pejalan kaki di kawasan Alun-alun Merdeka Kota Malang tidak diimbangi dengan infrastruktur penunjang kenyamanan pejalan kaki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan kualitas kinerja jalur pejalan kaki di kawasan Alun-alun Merdeka Kota Malang, dengan mengevaluasi berdasarkan standar minimal pada Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Ruang Pejalan Kaki di Perkotaan tahun 2000. Berdasarkan karakteristik pejalan kaki, usia pejalan kaki didominasi usia 19-40 tahun. Tujuan perjalanan untuk belanja dan fungsional memiliki persentase yang hampir sama besar, hal ini dikarenakan guna lahan di sekitar kawasan yang merupakan pusat perkantoran serta perdagangan dan jasa. Klasifikasi sarana perjalanan didominasi oleh pejalan kaki pemakai kendaraan pribadi penuh, hal ini dikarenakan pejalan kaki menggunakan moda berjalan kaki sebagai moda antara tempat parkir kendaraan pribadi ke tujuan akhir, yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Untuk karakteristik jalur pejalan kaki, lebar jalur pejalan kaki yang ada tidak sesuai dengan lebar minimal yang ditetapkan, dan banyaknya pedagang kaki lima yang menggunakan sebagai tempat untuk berjualan. Untuk kinerja jalur pejalan kaki, dari beberapa identifikasi yang dilakukan, tingkat pelayanan jalur pejalan kaki E, dikarenakan arus dan kecepatan pejalan kaki yang tidak sesuai dengan lebar jalur pejalan kaki yang tersedia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrs

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Materials Science & Nanotechnology Transportation

Description

Program Studi Teknik Sipil Universitas Mercu Buana. Jurnal ini terbit pertama kali pada bulan Februari 2012. Naskah dalam jurnal ini berupa hasil penelitian, inovasi – inovasi baru, makalah teknik (makalah lengkap), diskusi (berdasarkan makalah yang terbit sebelumnya) dalam bidang Teknik ...