Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 11, No 2 (2020): September 2020

Pengembangan Media Pembelajaran Fusion Hand Out Sebagai Sumber Belajar Alternatif Peserta Didik SMA

Nur Sigit Triyogantara (Universitas Ahmad Dahlan)
Dwi Sulisworo (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran hand out Fusion yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika materi Usaha & Energi di kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model dari Borg & Gall, dengan tahap-tahap yaitu, pengumpulan informasi, perencanaan awal, pengembangan produk, uji validasi, revisi validasi, uji coba lapngan awal, revisi uji lapangan awal, uji lapangan utama, revisi uji lapangan utama, dan desiminasi. Namun dalam penelitian kali ini hanya dilakukan sampai tahap revisi validasi saja. Kelayakan materi, latihan soal, rencana pelaksanaan pembelajran, dan media hand out Fusion dilihat dari skor validasi menggunakan analisis Sbi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi yang ditampilkan dalam hand out Fusion telah memenuhi kriteria kelayakan dengan kategori baik. Selain itu, latihan soal yang ditampilkan dalam hand out Fusion telah memenuhi kriteria kelayakan dengan kategori sangat baik; dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan bersama hand out Fusion telah memenuhi kriteria kelayakan dengan kategori baik. Secara keseluruhan hand out Fusion telah memenuhi kriteria kelayakan dengan kategori baikKata kunci: hand out, rangkuman materi, media pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...