Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan
Vol. 9 No. 1 (2021): January

Efektivitas teknik forward chaining dalam meningkatkan keterampilan mengenakan kemeja berkancing pada anak dengan intellectual disability taraf sedang

Diah Wahyuningsih (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia)
Fenny Hartiani (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2021

Abstract

Objektif: Anak-anak dengan intellectual disability menunjukkan defisit dalam fungsi adaptif. Secara khusus, anak moderate intellectual disability seringkali kesulitan melakukan tugas bantu diri dan bergantung pada orang lain. Berpakaian sendiri merupakan salah satu keterampilan bantu diri yang penting dikuasai untuk menunjang kemandirian anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik forward chaining untuk meningkatkan keterampilan mengenakan kemeja berkancing pada anak dengan moderate intellectual disability. Teknik forward chaining memecah keterampilan menjadi tahapan-tahapan sederhana. Dalam setiap tahapan forward chaining, anak akan diberikan prompting dan positive reinforcement.Metode: Penelitian ini menggunakan single subject A-B design. Partisipan merupakan anak laki-laki berusia 12 tahun 4 bulan dengan moderate intellectual disability. Intervensi diberikan dalam 6 sesi dengan 30 kali percobaan.Temuan: Terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan mengenakan kemeja berkancing sebelum dan setelah intervensi dilakukan.Kesimpulan: Teknik forward chaining yang melibatkan prompting dan positive reinforcement efektif dalam meningkatkan keterampilan mengenakan kemeja berkancing pada anak dengan moderate intellectual disability.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipt

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JIPT (Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan) publishes a scientific papers on the results of the study/research and review of the literature in the sphere of psychology. ...