Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 6, No 1 (2021): Mei

Validitas dan Reliabilitas Konstruk Instrumen Skala Sikap Siswa Terhadap Fisika Dengan Analisis Faktor Konfirmatori

Duden Saepuzaman (Universitas Pendidikan Indonesia (Dosen) Universitas Negeri Yogyakarta (Mahasiswa))
Edi Istiyono (Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pasca sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo No. 1, Yogyakarta, 55281, Indonesia)
Widihastuti Widihastuti (Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pasca sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo No. 1, Yogyakarta, 55281, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2021

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengestimasi validitas dan reliablitias konstruk instrumen skala sikap siswa terhadap fisika (SSF)  menggunakan analisis faktor konfirmatori. Subyek penelitian sebanyak 221 siswa SMA yang tersebar di provinsi Jawa Barat. Instrumen yang digunakan instrumen non tes berupa skala sikap siswa terhadap Fisika. Instrumen ini terdiri dari tiga komponen yaitu komponen Antusias Siswa Pada Fisika dan Pembelajarannya (AF), Guru Fisika (GF) dan  komponen Fisika Sebagai Bagian Karir di Masa Depan (KF). Hasil Penelitian menunjukkan ketiga komponen  memiliki validitas baik (loading factor diatas 0,70), meskipun ada sebagian kecil dibawah 0,7 tetapi masih dapat diterima karena memiliki nilai loading factor diatas 0,50. Hasil penelitian menunjukkan semua indikator ini memiliki validitas konstrak yang cukup baik. Analisis lanjutan pengujian reliabilitas konstruk menggunakan Composite Reliability (CR) dan   Average Variance Extarcted (AVE) menunjukkan bahwa semua dimensi SSF memiliki reliabilitas konstruk yang baik. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...