Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 16, No 1 (2019)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU UNO SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA N 1 WATES

Latifah Larassati (Unknown)
Tejo Nurseto (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran ekonomi kelas X; dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, praktisi pembelajaran dan peserta didik kelas X IPS 1 SMA N 1 Wates. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) mengembangkan media pembelajaran kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran melalui lima tahapan, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi; 2) Media pembelajaran Kartu Uno dinyatakan layak digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran ekonomi dan termasuk dalam kriteria sangat baik, berdasarkan dari: a) ahli materi memperoleh rata-rata skor akhir 3,82 (kriteria baik), b) ahli media memperoleh rata-rata skor akhir 4,325 (kriterwia sangat baik), c) praktisi pembelajaran memperoleh rata-rata skor akhir 4,818 (kriteria sangat baik), dan tanggapan peserta didik dari kelompok kecil memperoleh rata-rata skor akhir 4,552 (kriteria sangat baik) dan uji coba pemakaian memperoleh rata-rata skor 4,637 (kriteria sangat baik).Abstract: This study aims to: 1) develop uno card learning media as a learning tool for class X economic learning; and 2) learning the feasibility of learning media. This research uses the development research method using the ADDIE development model. The subjects of this study were media experts, material experts, learning and students of class X IPS 1 of SMA N 1 Wates. The results showed that: 1) developing card learning media as a learning evaluation tool through five stages, namely, analysis, design, development, development, and implementation; 2) Uno Card Learning Media is declared appropriate to be used as an evaluation tool for economic learning and is included in an excellent assessment, based on a) material experts get an average score of 3.82 (right criteria), b) media experts get an average final score of 4,325 (excellent criteria), c) agreed to learn an average final score of 4,818 (excellent criteria), and students' responses from small groups obtained an average final score of 4,552 (excellent criteria) an average score of 4,637 (excellent criteria).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau ...