Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 15, No 1 (2018)

INTERNALISASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN

Endang Mulyani (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan: 1) menemukan model penginternalisasian pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran dan penilaian , 2) menum­buh­­kan sikap dan minat  berwirausaha siswa SMK. Dengan model Four-D, penelitian dilakukan di SMK Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model internalisasi pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran dan penilaian diwujudkan dalam perangkat pembelajaran yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang didalamnya terinternalisasi nilai-nilai kewirausahaan. 2) Sikap dan minat berwirausaha siswa sebelum dilakukan intervensi model penginternalisasian pendidikan kewirausahaan dalam kategori cukup, setelah implementasi model penginternalisasian pendidikan kewirausahaan ke dalam pembelajaran dan penilaian mampu meningkatkan sikap dan minat berwirausaha. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan (nilai t: 5,35 untuk sikap dan 2, 549 untuk minat wirausaha).Abstract: This study aims to: 1) find an entrepreneurship education entrepreneurship model in learning and assessment, 2) foster entrepreneurial attitudes and interests of vocational students. With the Four-D model, research was conducted at the Yogyakarta Special Region Vocational School. The results of the study show that: 1) The model of internalization of entrepreneurship education in learning and assessment is realized in the learning tool in the form of Learning Implementation Plans (RPP), in which entrepreneurial values are internalized. 2) Students' entrepreneurial attitudes and interests before being intervened in the entrepreneurship education internalization model in the sufficient category, after the implementation of entrepreneurship education internalization model into learning and assessment can improve entrepreneurial attitudes and interests. This is indicated by the results of the t-test between the experimental group and the control group indicating a significant difference (t value: 5.35 for attitude and 2, 549 for entrepreneurial interest)

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau ...