Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
Vol. 12 No. 1 (2021): Maret

Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Al Falah Pacul Bojonegoro dengan Model Pembelajaran Examples Non Examples

Moh. Muhajir Moh. Muhajir (STAI Attanwir Bojonegoro)
Mukti Fatimah Mukti Fatimah (SLB Sartika)
Roihatur Rohmah Roihatur Rohmah (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

Keterampilan menulis memiliki peranan penting bagi siswa. Salah satunya untuk memudahkan siswa berpikir kritis dan memperdalam daya tanggap siswa. Melalui kegiatan menulis, guru dapat mendorong siswa dalam mengasah dan meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa yaitu dengan menulis puisi. Penulisan suatu karya dapat diasah dengan beberapa model pembelajaran, salah satunya yaitu model examples non examples. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis puisi dengan model examples non examples menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Al Falah Pacul Bojonegoro Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data melalui observasi langsung terhadap siswa kelas VIII SMP Al Falah Pacul Bojonegoro Tahun Ajaran 2017/2018 dalam proses pembelajaran menulis puisi dengan model pembelajaran examples non examples. Model pembelajaran tersebut menggunakan media gambar untuk merangsang siswa aktif, imaginatif, dan kreatif dalam kegiatan menulis puisi. Pada proses pengumpulan data digunakan dua siklus yaitu siklus I sebagai data sebelum diberikan model pembelajaran examples non examples dan siklus II sebagai data setelah diterapkan model pembelajaran examples non examples. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kualitas hasil pembelajaran menulis puisi dengan model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hasil ini dapat diketahui dari peningkatan minat siswa dalam menulis dan membacakan puisi di depan atau presentasi dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

attanwir

Publisher

Subject

Religion

Description

Fokus 
Fokus jurnal ini adalah upaya mengaktualkan pemahaman yang lebih baik tentang kajian keislaman dan pendidikan , baik lokal maupun internasional melalui publikasi artikel, laporan penelitian, dan ulasan buku. 
Ruang Lingkup 
Berisi kajian-kajian keislaman dan ilmu ...