Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2021): January - April

Pembelajaran Sains Anak Usia Dini dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science

Komang Wisnu Budi Wijaya (Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)
Putu Ayu Septiari Dewi (Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2021

Abstract

Sains memberikan manfaat besar dalam kehidupan manusia dan bahkan setiap hari manusia tidak luput dari fenomena sains. Oleh karena itu pembelajaran sains hendaknya diberikan sejak anak usia dini. Namun, fakta di lapangan menyatakan bahwa pembelajaran sains anak usia dini belum optimal karena guru hanya mengandalkan teks dan penugasan. Dengan demikian diperlukan sebuah model pembelajaran yang inovatif yaitu model pembelajaran Children Learning in Science. Penelitian ini mencoba mengkaji cara melaksanakan pembelajaran sains bagi anak usia dini menggunakan model Children Learning in Science. Penelitian ini termasuk dalam penelitian studi literature. Data didapatkan dari berbagai sumber berupa buku, jurnal dan karya ilmiah lainnya. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran Children Learning in Science layak digunakan dalam pembelajaran sains anak usia dini karena memungkinkan anak berinteraksi langsung dengan fenomena sains yang konkret dan belajar sains dengan menyenangkan. Model pembelajaran Children Learning in Science juga sesuai dengan ruang lingkup pembelajaran sains yaitu sebagai produk, proses dan sikap.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...