Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Vol 8 No 3 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam

Metode Dakwah Mauidzah Al-Hasanah untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa MTsN Model Palopo

Mahmuddin Mahmuddin (Unknown)
Subekti Masri (IAIN Palopo)
Wahyuni Husain (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas metode dakwah mauidzah al-hasanah untuk meningkatkan konsep diri siswa MTsN model Palopo. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan desain penelitian one group pretest postest. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan self-concept siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Palopo pada setiap subjek penelitian dan terjadi perubahan peningkatan self-concept siswa yang cukup bervariasi. Secara umum metode dakwan Mauidzah al-hasanah memberikan dampak terhadap self-concept siswa. Siswa memiliki konsep diri yang lebih baik setelah diberikan intervensi. Guru dan Konselor diharapkan mampu menfasilitasi siswa dalam memahami dan mengerti arti pentingnya self-concept untuk siswa sehingga mereka mampu menjalani hidup sesuai dengan konsep diri yang baik. The research objective was to determine the effectiveness of the method of proselytizing mauidzah al-hasanah to improve the self-concept of MTsN Palopo model students. The research was conducted using quantitative methods and one group pretest-posttest research design. This study's results indicate a change in the self-concept of students of Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo Model on each research subject, and there is a change in the increase in student self-concept, which is quite varied. In general, the Mauidzah al-hasanah dakwah method has an impact on students' self-concept. Students have a better self-concept after being given the intervention. Teachers and counselors are expected to facilitate students in understanding and understanding the importance of self-concept for students to live life by good self-concepts.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

irsyad

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2008. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam ...