Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 1 No. 1 (2019)

Integritas Aktivis Lingkungan Hidup dalam Mewujudkan Jurnalisme Lingkungan Hidup yang Berkualitas

Dwi Pela Agustina (Universitas Amikom Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2019

Abstract

Informasi lingkungan hidup menjadi isu krusial yang seyogyanya menarik untuk dibahas. Mengabarkan informasi lingkungan hidup merupakan pekerjaan mulia, akan tetapi tidak semua media memiliki informasi mengenai lingkungan hidup yang berkualitas. Hal ini karena media massa kini cenderung menjadi media populer sehingga berita lingkungan hidup kurang diminati. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengabarkan informasi lingkungan hidup yang baik dibutuhkan kepedulian khusus dalam lingkungan hidup, baik jurnalis maupun medianya. Dengan demikian tak jarang jika yang menjadi jurnalis lingkungan hidup ialah orang yang sekaligus menjadi aktivis lingkungan hidup di beberapa organisasi lingkungan hidup. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah dua orang aktivis dan jurnalis pada salah satu media daring yang khusus memberitakan berita lingkungan hidup, sehingga lewat praktik jurnalisme lingkungan hidup, aktivis dan jurnalis lingkungan hidup dapat menyalurkan informasi kepada khalayak luas dan dapat menjadi corong ketika lingkungan hidup di rusak oleh pihak-pihak yang sarat kepentingan. Dengan demikian, artikel ini hendak memaparkan secara deskriptif prinsip dasar yang melandasi naluri seorang aktivis dan juga seorang jurnalis yang rela berkecimpung demi menyelamatkan lingkungan hidup. Tulisan ini juga memaparkan pengalaman mereka dalam menulis berita ling-kungan hidup yang dapat memperlihatkan integritas dan kualitas praktik jurnalisme lingkungan hidup.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

calathu

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi membuka peluang bagi para peneliti untuk menuliskan naskah hasil penelitian dalam lingkup ilmu komunikasi, topik tidak dibatasi dan beragam, mulai dari kajian media dan budaya, periklanan, penyiaran, jurnalisme, humas, komunikasi pemasaran terpadu, ekonomi politik ...