cover
Contact Name
Gabriela Laras Dewi Swastika
Contact Email
gabriela.swastika@ciputra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalcalathufikom@ciputra.ac.id
Editorial Address
School of Communication Science and Media Business UC Tower Building 14th Floor, Universitas Ciputra Surabaya CitraLand CBD Boulevard, Made, Sambikerep, Surabaya City, East Java 67219
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 26562057     EISSN : 26568519     DOI : https://doi.org/10.37715/calathu.v3i1.1894
Core Subject : Education,
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi membuka peluang bagi para peneliti untuk menuliskan naskah hasil penelitian dalam lingkup ilmu komunikasi, topik tidak dibatasi dan beragam, mulai dari kajian media dan budaya, periklanan, penyiaran, jurnalisme, humas, komunikasi pemasaran terpadu, ekonomi politik komunikasi, etika dan filsafat komunikasi, literasi media, komunikasi politik, komunikasi pariwisata, komunikasi lintas budaya, komunikasi kebijakan publik, komunikasi visual, komunikasi interpersonal dan organisasi, maupun studi khalayak. Naskah diharapkan mengikuti perkembangan ilmu komunikasi dan mampu mendorong pertumbuhan pengetahuan dalam bidang keilmuan.
Articles 54 Documents
Analisis Karakteristik Differentiate Media Vlog dalam Konsep DRIP Komunikasi Pemasaran Film Hangout Agusta, Rivga
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i1.772

Abstract

Komunikasi pemasaran film dalam kemasan vlog di YouTube merupakan bentuk komu-nikasi pemasaran yang muncul di tengah maraknya tren vlogging. Konten atau pesan dalam media vlog merupakan salah satu elemen yang dapat menarik konsumen atau audiens. Artikel ini mengu-las mengenai karakteristik komunikasi pemasaran yang terkandung dalam konten vlog berjudul RVLOG Shooting Hangout milik public figure Raditya Dika. Analisis dilakukan dengan menggunakan konsep “differentiate” dari salah satu konsep komunikasi pemasaran DRIP (Differentiate, Reinforce, Inform, dan Persuade). Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi untuk mengungkap karakteristik konten komunikasi pemasaran di balik data yang disajikan media vlog. Dari hasil penelitian ini disimpulkan adanya tiga aspek yang ditonjolkan pada karakteristik “differentiate” komunikasi pemasaran, yaitu: Product (Produk), Phy-sical Evidence (bukti fisik), dan People (orang atau pelaku).
Integritas Aktivis Lingkungan Hidup dalam Mewujudkan Jurnalisme Lingkungan Hidup yang Berkualitas Agustina, Dwi Pela
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i1.773

Abstract

Informasi lingkungan hidup menjadi isu krusial yang seyogyanya menarik untuk dibahas. Mengabarkan informasi lingkungan hidup merupakan pekerjaan mulia, akan tetapi tidak semua media memiliki informasi mengenai lingkungan hidup yang berkualitas. Hal ini karena media massa kini cenderung menjadi media populer sehingga berita lingkungan hidup kurang diminati. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengabarkan informasi lingkungan hidup yang baik dibutuhkan kepedulian khusus dalam lingkungan hidup, baik jurnalis maupun medianya. Dengan demikian tak jarang jika yang menjadi jurnalis lingkungan hidup ialah orang yang sekaligus menjadi aktivis lingkungan hidup di beberapa organisasi lingkungan hidup. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah dua orang aktivis dan jurnalis pada salah satu media daring yang khusus memberitakan berita lingkungan hidup, sehingga lewat praktik jurnalisme lingkungan hidup, aktivis dan jurnalis lingkungan hidup dapat menyalurkan informasi kepada khalayak luas dan dapat menjadi corong ketika lingkungan hidup di rusak oleh pihak-pihak yang sarat kepentingan. Dengan demikian, artikel ini hendak memaparkan secara deskriptif prinsip dasar yang melandasi naluri seorang aktivis dan juga seorang jurnalis yang rela berkecimpung demi menyelamatkan lingkungan hidup. Tulisan ini juga memaparkan pengalaman mereka dalam menulis berita ling-kungan hidup yang dapat memperlihatkan integritas dan kualitas praktik jurnalisme lingkungan hidup.
Maskulinitas dan Perempuan: Resepsi Perempuan terhadap Soft Masculinity dalam Variety Show Kartika, Sekar Hayu Rifna; Wirawanda, Yudha
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i1.774

Abstract

Produce 101 season 2 merupakan ragam hiburan dari Korea Selatan yang menampilkan gambaran maskulinitas yang berbeda. Definisi dominan maskulin adalah maskulin macho yang merupakan tampilan sosok laki-laki kekar serta memiliki sifat keras. Berbeda dengan macho, dalam ragam hiburan ini menyajikan tipe maskulinitas yang lebih lembut. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana khalayak memaknai soft masculinity dalam variety show. Penelitian ini menggunakan teori resepsi audiens oleh Stuart Hall. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan sampel lima perempuan usia 20, 21, dan 22 tahun. Hasil penelitian terkait soft masculinity, informan berada pada posisi yang menegosiasi. Informan menganggap laki-laki mempunyai sisi maskulin lembut selain konstruksi tipe maskulin tough atau macho. Informan menegosiasikan soft masculinity sebagai salah satu definisi maskulin. Soft masculinity dinilai tetap sebagai maskulin yang lebih menunjukkan sisi lembut. Soft masculinity dinegosiasikan sebagai konstruksi maskulin dan bukan suatu yang feminin. Informan berada pada posisi dominant reading terkait soft masculinity sebagai tren dan selera. Informan menerima soft masculinity sebagai suatu keunikan dan menjadi suatu selera maskulin. Informan sadar bahwa maskulinitas yang dibangun untuk publik menjadi salah satu dari produk budaya. Maskulin yang mereka minati adalah produk produsen budaya yang membentuk tren dan selera mereka.
Pergulatan di Balik Frekuensi: Studi Deskriptif Radio Komunitas di Jawa Tengah Sanjaya, Andreas Ryan; Pandiangan, Andreas
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i1.775

Abstract

Studi ini secara spesifik mengambil tema radio komunitas. Secara umum, radio mengalami dinamika pasang surut karena berbagai persoalan yang dihadapinya. Secara khusus, radio komunitas juga mengalami persoalan yang selalu berkaitan dengan ciri-ciri khusus yang membedakan dirinya dari radio komersil. Peneliti menggali informasi dari 20 (dua puluh) pengelola radio komunitas yang tergabung dalam Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) di Jawa Tengah. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan studi kasus. Data didapatkan melalui wawancara kepada setiap pengelola radio komunitas tersebut. Secara ringkas ditemukan beragam persoalan radio komunitas yang berakar pada beragamnya jenis dan motif dari komunitas tersebut, misalnya petani dan warga daerah rawan bencana. Radio komunitas juga menghadapi persoalan manajemen, pendanaan, partisipasi masyarakat, serta dukungan dari pihak ketiga.
Peran Psikologi Komunikasi dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik: Studi Kasus Proses Bimbingan Konseling di SMK Kesehatan Widya Dharma Bali Putri, Niluh Wiwik Eka
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i1.776

Abstract

Peran psikologi komunikasi sangat penting dalam memberikan saran dan masukan terkait permasalahan yang dialami oleh peserta didik. Mereka berasal dari latar belakang keluarga kurang mampu, broken home, ataupun ketidaksempurnaan secara fisik. Kondisi inilah yang mem-buat siswa mengalami gangguan mental, kesulitan beradaptasi, cenderung menunjukkan perilaku yang kurang baik untuk mencari perhatian, serta sulit untuk mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Adapun metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang dapat diamati. Adapun hasil yang diperoleh antara lain untuk mengatasi permasalah peserta didik diperlukan komunikasi yang efektif yakni mengemas komunikasi secara efektif dengan perhatian, minat, hasrat, keputusan, aksi/tindakan, dan kepuasan. Peran psikologi komunikasi juga bisa mengubah opini siswa yang mengalami permasalahan terhadap sesuatu hal, mengubah sikap siswa yang mengalami permasa-lahan terhadap obyek atau subyek tertentu, serta mengubah perilaku yang mengalami permasala-han terkait dengan pengetahuan, persepsi, dan sikapnya.
Peran Perempuan Adonara dalam Budaya Upacara Perhelatan: Studi Fenomenologi Peran Perempuan Adonara pada Pernikahan dan Kematian Desire ED, Maria Yosephine; Kedoh, Lodowik Nikodemus
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i1.777

Abstract

Peran perempuan Adonara jika dilihat dari mata masyarakat luar tidak banyak memiliki kontribusi dalam kehidupan bermasyarakat karena sistem patriaki yang sangat kuat dianut oleh masyarakat Adonara. Akan tetapi, masyarakat Adonara sendiri mempercayai bahwa perempuan adalah sumber dari setiap individu manusia. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan menjelaskan mengenai fenomena realitas peran perempuan Adonara dalam perhelatan pernikahan dan kematian dengan sedalam-dalamnya serta didukung dengan data lain, seperti dokumentasi dan hasil observasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai fenomena realitas peran perempuan Adonara dalam perhelatan pernikahan dan kematian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses upacara adat dari perhelatan pernikahan dan kematian di Adonara, dapat dilihat dari peran perempuan dalam mempersiapkan hantaran seperti sarung tenun, selendang atau kain dalam upacara pernikahan dan kematian serta peran perempuan sebagai bine yang mempunyai kewajiban untuk membantu saudara laki-lakinya dengan membawa hewan seperti babi atau kambing dalam upacara kematian.
Analisis Resepsi terhadap Isu “Primitif” pada Reality Show Primitive Runaway Episode Negeri Di Atas Awan Suku Sambori pada Mahasiswa Bima di STMIK Bumigora Mataram Putra, Sandi Justitia
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i2.1006

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana analisis resepsi penonton terhadap isu “primitif” pada program acara reality show Primitive Runaway episode Negeri Di Atas Awan Suku Sambori pada kalangan mahasiswa Bima di STMIK Bumigora Mataram. Teori encoding/decoding dan relasi kuasa sebagai acuan dengan metode penelitian analisis resepsi. Dari hasil analisis beberapa informan dengan latar belakang suatu adat dan budaya yang berbeda menunjukan posisi dan dan identitas yang berbeda pula. Penonton menginterpretasikan teks media sesuai dengan keadaan sosial dan kebudayaan tertentu. Dalam penelitian ini melibatkan mahasiswa yang berasal dari Bima yang melanjutkan perkuliahan di STMIK Bumigora Mataram, baik yang asli Bima maupun pendatang. Informan Didi sebagai masyarakat pendatang di Kabupaten Bima menyimpulkan sesuai dengan yang disaksikan di acara Primitive Runaway, ia meyakini bahwa masyarakat Sambori merupakan masyarakat primitif. Namun, informan Wulan yang merupakan penduduk asli Kabupaten Bima yang mengetahui segala kebudayaan dan adat istiadat masyarakat Sambori menegaskan komunitas Sambori bukanlah masyarakat primitif, justru ia menuding pelaku media berusaha membalikkan realitas sosial komunitas Sambori agar mendapatkan keuntungan materi dari acara tersebut.
Komunikasi Manajemen Pemerintah Daerah dalam Upaya Branding Buah-buahan Lokal Asli Jawa Barat Nugraha, Aat Ruchiat; Romli, Rosnandar; Lukman, Syauqy
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i2.1007

Abstract

Jawa Barat sebagai wilayah yang memiliki potensi pertanian yang sangat subur banyak menghasilkan komoditas tanaman holtikultura. Salah satu hasil tanaman holtikultura, yaitu buah-buahan. Keberadaan potensi buah-buahan lokal belum teroptimalisasikan secara baik oleh pemerintah maupun masyarakat dalam upaya meningkatkan tingkat kesejahteraan petani buah-buahan. Hal ini dapat terjadi karena sistem fleksibilitas rantai pasokan komoditas buah-buahan lokal yang masih terbatas akibat implementasi komunikasi manajemen pertanian yang bersifat linear. Komunikasi manajemen pertanian yang dilakukan oleh PEMDA Jawa Barat dalam menyediakan komoditas buah-buahan lokal yang baik bukan hanya dilakukan secara tradisional tetapi dipadukan dengan pemanfaatan teknologi komunikasi melalui pengelolaan pesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan fungsi humas dalam branding komoditas hasil pertanian yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan lokal asli Jawa Barat akan semakin terkenal dan bisa menjadi ikon baru guna meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pertanian dan wisata melalui pelaksanaan strategi branding yang terus dikomunikasikan secara kontinyu kepada masyarakat.
Pengaruh Kualitas Maskapai dan Harga Tiket terhadap Loyalitas Pelanggan Maskapai Garuda Indonesia Nuzuli, Ahmad Khairul
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i2.1009

Abstract

Penenelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kualitas maskapai dan harga tiket terhadap loyalitas pelanggan maskapai Garuda Indonesia. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif eksplanatori. Dasar teori penelitian ini adalah servqual. Hasil penelitian menujukkan adanya pengaruh positif antara kualitas maskapai terhadap loyalitas pelanggan maskapai Garuda Indonesia. Selain itu juga terdapat pengaruh positif antara harga tiket terhadap loyalitas pelanggan maskapai Garuda Indonesia. Hasil ini konsisten dengan teori servqual sebagai dasar dalam penelitian ini yang menyatakan bahwa kualitas dan harga produk akan memiliki pengaruh dengan sikap konsumen.
Objek Visual dan Pengaruhnya pada Interaktivitas Pengunjung di Museum Interaktif “Tiga Dimensi” Jati, Arwin Purnama
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i2.1011

Abstract

Museum tiga dimensi termasuk sebagai jenis museum interaktif dalam wacana permuseuman modern. Museum modern saat ini tidak hanya digunakan untuk memajang artefak, namun juga dirancang dengan konsep tertentu untuk menghadirkan pengalaman baru pengunjungnya melalui keterlibatan dengan objek visual. Konsep objek visual pada museum tiga dimensi secara fisik berupa gambar visual-optic ataupun objek pendukung lain. Objek tersebut dapat diakses oleh pengunjung secara langsung dalam ruang-ruang tematik. Selain itu, terdapat penanda visual tertentu yang mengatur jarak atau sudut pengambilan gambar. Fokus penelitian ini mengkaji objek visual maupun penanda visual dalam ruang museum tiga dimensi dan menganalisis pengaruhnya terhadap tindakan atau interaktivitas pengunjung. Penelitian dilakukan melalui pengamatan pada representasi museum tiga dimensi yang memiliki kemiripan konsep untuk melihat kecenderungan pola interaksi pengunjung dengan objek visual. Pengamatan tersebut menghasilkan temuan yang dianalisis sebagai hasil penelitian, yaitu objek visual pada museum tiga dimensi cenderung mempengaruhi pola tindakan pengunjung untuk menyesuaikan tindakan mereka dengan tema atau konsep museum. Selain itu, penanda visual memiliki ‘kuasa’ yang mengatur pengunjung berinteraksi dengan objek visual. Walaupun demikian, objek visual yang ada memungkinkan pengunjung untuk memilih dan mengalami realitasnya atau menciptakan imajinasi melalui keterlibatan atau interaktivitas dengan objek visual.