Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan

STRATEGI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) KATOLIK SANG TIMUR YOGYAKARTA

Wulaningrum, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang: (1) Alasan kebijakanpendidikan multikultural diterapkan di TK Katolik Sang Timur Yogyakarta. (2) StrategiPendidikan Multikultural di TK Katolik Sang Timur Yogyakarta. (3) Faktor pendukung danpenghambat implementasi kebijakan pendidikan multikultural di TK Katolik Sang TimurYogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyekpenelitian ini adalah Kepala Sekolah (sekaligus Suster yayasan Karya Sang Timur), guru, danstaf TK Katolik Sang Timur Yogyakarta. Setting penelitian ini di TK Katolik Sang TimurYogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukanpenelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedomandokumentasi. Analisis data menggunakan teknik komponensial secara induktif, denganlangkah: reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi yang digunakanuntuk menjelaskan keabsahan data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Alasan penerapan kebijakan pendidikanmultikultural di TK Katolik Sang Timur Yogyakarta dilandasi secara filosofis oleh dua hal,yaitu: (a) kewajiban saling mengasihi terhadap sesama, (b) kesadaran sekolah sebagai salahsatu pionir dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. (2) Strategi pendidikan multikultural diTK Katolik Sang Timur Yogyakarta dilakukan melalui lima aspek, yaitu: (a) struktur sosialyang dibangun oleh sekolah, (b) pelaksanaan proses pembelajaran, (c) pengembangankurikulum sekolah, (d) kultur yang dibangun oleh sekolah, (e) evaluasi pendidikan yangdijalankan oleh sekolah. (3) Faktor pendukung implementasi kebijakan pendidikanmultikultural: (a) keberadaan kebijakan pendidikan multikultural jauh sebelum sekolahdidirikan, (b) keberagaman di lingkungan sekolah, (c) komitmen cinta kasih dan tidakmengunggulkan golongan tertentu. Faktor penghambat yaitu: (a) ketidakpahaman beberapaorangtua tentang kebijakan pendidikan multikultural, (b) belum adanya guru agama untukmemfasilitasi peserta didik yang beragama Kristen, Islam, dan Hindu, (c) belum tersedianyaruang peribadatan agama Kristen, Islam, dan Hindu.Kata kunci: Strategi, pendidikan multikultural

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sakp

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the ...