Nobel Management Review
Vol 2 No 2 (2021): Nobel Management Review

Pengaruh Media Pembelajaran, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa'jukukang Kabupaten Bantaeng

Muhammad Arfah (SD Negeri 72 Bontomarannu kecamatan pa'jukukang Kabupaten Bantaeng)
Badaruddin Badaruddin (STIE Nobel Indonesia Makassar)
Haeranah Alwany (STIE Nobel Indonesia Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan media pembelajaran, lingkungan kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Data penelitian di.peroleh melalui survey pada semua guru yang berada di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng, yaitu berjumlah 42 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang dibagikan kepada seluruh responden penelitian. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan perangkat lunak SPSS 26. Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng, Sedangkan media pembelajaran dan Lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. (2) Secara simultan variabel media pembelajaran, lingkungan kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. (3) Dari Nilai koefisien beta menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja guru (Y) yaitu motivasi kerja. Penulis mengharapkan media pembelajaran berfungsi melancarkan jalannya kegiatan belajar mengajar, sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajarnya; lingkungan kerja yaitu sekolah merupakan tempat kedua selain keluarga dalam pembentukan karakter dan pribadi anak. This research was conducted at the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency. The purpose of this study was to analyze the effect of both partially and simultaneously learning media, work environment and work motivation on teacher performance in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency. The research data was obtained through a survey of all teachers in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency, which amounted to 42 people. Data were collected using a questionnaire with a Likert scale which was distributed to all research respondents. Data analysis used multiple linear regression with SPSS 26 software. The results of this study indicate that (1) work motivation has an effect on teacher performance in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency, while learning media and work environment have no effect on teacher performance in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency. . (2) Simultaneously, the variables of learning media, work environment and work motivation affect the performance of teachers in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency. (3) The value of the beta coefficient indicates that the most dominant variable affecting teacher performance (Y) is work motivation. The author hopes that the learning media functions to expedite the course of teaching and learning activities, teachers should use learning media in the teaching and learning process; the work environment, namely school is the second place besides the family in the formation of children's character and personality.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

NMaR

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Nobel Management Review (NMaR), adalah jurnal peer-review yang diterbitkan empat kali setahun (Januari-Maret, April-Juni, Juli-September, Oktober-Desember) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Publikasi Nobel Indonesia (LP2NI) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia Makassar. NMaR ...