Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai kemandirian peserta didik denganmenggunakan model pembelajaran Advance Organizer pada mata pelajaran pendidikanagama Islam kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9 Kabupaten Sinjai. Penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas (classroom action research) yang melibatkan peserta didik kelas XI IPS 2SMA Negeri 9 Kabupaten Sinjai sebagai subjek. Data penelitian diperoleh melalui observasidan angket dengan menggunakan instrumen lembar observasi peserta didik dan lembarangket/respon peserta didik terhadap tindakan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkanbahwa Penggunaan model pembelajaran Advance Organizer pada mata pelajaranpendidikan agama Islam kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9 Kabupaten Sinjai, dapat meningkatkannilai kemandirian peserta didik. Ini dapat diukur berdasarkan hasil observasi dan lembarangket yang diisi pada siklus I dan siklus II, dimana pada siklus I hasil observasipeningkatan nilai kemandirian peserta didik yaitu 49,56%, kemudian pada siklus IIobservasi peningkatan nilai kemandirian peserta didik yaitu 86,31%. Jadi kemampuanpeningkatan nilai kemandirian peserta didik berdasarkan hasil observasi dari siklus I kesiklus II meningkat sebanyak 36,75%. Adapun hasil lembar angket yang diisi oleh masingmasing peserta didik pada siklus I mencapai rata-rata 68,50%, kemudian pada siklus II hasillembar angket peserta didik mencapai rata-rata 84,42%. Jadi kemampuan peningkatan nilaikemandirian peserta didik berdasarkan hasil angket dari siklus I ke siklus II meningkatsebanyak 15,92%. Adanya peningkatan nilai kemandirian peserta didik menunjukkanefektifnya model pembelajaran Advance Organizer digunakan pada mata pelajaranpendidikan agama Islam
Copyrights © 2019