Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan
Vol 13 No 1 (2021): Volume 13 Nomor 1 Juni 2021

PENGARUH KEPRIBADIAN GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA

R Nurhayati R Nurhayati (IAIM Sinjai)
Musdiana Musdiana (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)
Jamaladdin Jamaladdin (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)
Nur Isra Ahmad (Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Makassar)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian guru mata pelajaran akidah akhlak terhadap motivasi belajar peserta didik MTs Al-Hidayah Batulappa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian questionnaire dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 87 orang dan yang menjadi sampel penelitian berjumlah 87 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu melalui koesioner (angket) dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil analisis dengan menggunakan software SPSS, Besar pengaruh kepribadian guru mata pelajaran akidah akhlak terhadap motivasi belajar peserta didik MTs Al-Hidayah Batulappa adalah 4,6 %. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Kepribadian Guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs Al-Hidayah Batulappa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Religion

Description

Jurnal Al Qalam memuat tulisan berupa naskah laporan penelitian, kajian ilmiah pendidikan agama Islam serta kajian pendidikan lainya. Jurnal ini merupakan jurnal yang dikelola ole prodi Pendidikan Agama Islam yang bekerja sama oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian ...