Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 6, No 2 (2021): Vol 6, No 2 (2021): Volume 6 Nomor 2, Mei 2021

Efektifitas Pelatihan Problem Solving dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Puji Ika Rahayu (17 AGUSTUS 1945 UNIVERSITY)
Niken Titi Pratitis (Unknown)
Andik Matulessy (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Guru pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tenaga professional yang dituntut memiliki kompetensi dan ketrampilan tertentu terutama terkait dengan kemampuan mengembangkan pembelajaran kreatif di satuan pendidikan anak usia dini. Fakta di lapangan menunjukkan masih banyak guru PAUD yang memiliki kreativitas rendah, sehingga berdampak pada keberlangsungan kegiatan pembelajaran, bahkan berdampak pada penilaian akreditasi satuan pendidikan anak usia dini. Melalui penelitian yang bertujuan membuktikan efektivitas pelatihan problem solving dengan teknik mind mapping dalam meningkatkan kreativitas guru pendidikan anak usia dini, didesain sebuah metode penelitian secara eksperimen dengan melibatkan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang bertugas pada satuan pendidikan anak usia dini terakreditasi C di Kabupaten Kotawaringin Barat yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan problem solving dengan teknik mind mapping efektif dalam meningkatkan kreativitas sehingga hipotesis penelitian diterima (p < 0,01 ).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...