Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
Vol 16, No 1 (2021)

PENGEMBANGAN UJICEPATMETODE KOAGLUTINASI UNTUK MENDETEKSI ANTIGEN VIBRIO PARAHAEMOLYTICUS PENYEBAB PENYAKIT VIBRIOSIS PADA UDANG VANAME(Litopenaeus vannamei)

Yan Evan (Institut Pertanian Bogor)
Agustin Indrawati (Institut Pertanian Bogor)
Fachriyan Hasmi Pasaribu (Institut Pertanian Bogor)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Vibrio parahaemolyticus merupakan salah satu agen penyebab penyakit vibriosis pada udang vaname (Litopenaeus vannamei. Untuk penanganan lebih dini serta mencegah tersebar luasnya penyakit ini, diperlukan metode uji yang cepat dan akurat. Tujuan penelitian adalah untuk membuatkit ujikoaglutinasi yang dapat mendeteksi antigen bakteriV. parahaemolyticus. Antibodi poliklonal V. parahaemolyticus yang digunakan merupakan hasil imunisasi pada kelinci yang disuntikan antigen V. parahaemolyticusdengan dosis 3×108cfu/ml sebanyak 1 mL. Penyuntikan antigen dilakukan sebanyak empat kali pada interval satu minggu melalui vena auricularis.Reagen koaglutinasi dibuat dengan cara melakukan pencampuran antara suspensiS. aureus yang memiliki protein A dan serum IgG V. parahaemolyticushasil purifikasi dengan perbandingan 1:1 (v/v).Reagen koaglutinasi ini selanjutnya dipergunakan untuk pengujian terhadap sampel organ hepatopankreas, usus dan daging udang yang terinfeksi bakteri V. parahaemolyticus dan bakteri lain yaitu V. harveyi dan V. alginolyticus untuk pengujian reaksi silang.Hasil pengujian reaksi koaglutinasi positif hanya terjadi pada sampel organ yang terinfeksi bakteri V. parahaemolyticus, ini ditandai dengan terbentuknya aglutinat. Sedangkan hasil pengujian reaksi silang dengan menggunakan sampel organ yang terinfeksi bakteri V. harveyi dan V. alginolyticus menunjukkan hasil negatif, ditandai dengan suspensi tetap homogen tidak terbentuk aglutinat. Berdasarkan hasil pengujian koaglutinasi membuktikan bahwa reaksi reagen koaglutinasi bersifat spesifik, cepat dan akurat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

biodidaktika

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya is a peer-reviewed journal that covers research and review articles in Biology and Biology ...